Senin, 1 Safar 1436 H

Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al BanjarySitus Resmi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary

Prosedur Penerimaan Mahasiswa Baru

I. PENDAFTARAN

 
Syarat
1.     Lulusan Sekolah Menengah Umum/Atas (SMU/SMA), atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau SLTA sederajat, serta lulusan Paket  C. Bagi yang belum mendapatkan ijazah dapat melampirkan SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) atau Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah.
2.     Bersedia memenuhi biaya pendidikan di Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjary.
3.     Mendaftarkan diri dan mengembalikan formulir pendaftaran pada Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru dan membayar biaya pendaftaran  Rp. 300.000,-
4.     Pendaftaran secara online (www.uniska-bjm.ac.id) dapat melakukan pembayaran langsung ke Panitia PMB 2011 atau melalui Bank BRI No. Rekening : 0663-01.005943.50.2
 
Terdapat dua macam prosedur pendaftaran, yakni prosedur pendaftaran untuk mahasiswa baru dan pendaftaran untuk mahasiswa pindahan/transfer. Kedua macam prosedur yang dimaksudkan ialah sebagai berikut:
Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru
1.     Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan Panitia. Pendaftar harus menentukan salah satu pilihan program studi.
2.     Melampirkan formulir pendaftaran dengan:
a.     Pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 (3 lembar)
b.     Fotokopi ijazah, SKHU, atau Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir.
Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Pindahan/Transfer
1.     Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan Panitia. Pendaftar harus menentukan salah satu pilihan program studi.
2.     Berasal dari Program Studi memiliki nilai Akreditasi minimal sama dengan Program Studi yang akan dimasuki di UNISKA.
3.     Fotokopi ijazah terakhir dan transkrip akademik yang diperoleh di Perguruan Tinggi asal dan telah disahkan serta dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
4.     Calon mahasiswa dapat mengkonfirmasi alih kredit (transfer nilai akademik) kepada Fakultas/Program Studi yang akan dimasukinya terlebih dahulu.
5.     Mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor UNISKA (bagi calon mahasiswa pindahan).
6.     Melampirkan formulir pendaftaran dengan:
a.     Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Surat Keterangan Domisili.
b.     Pas foto terbaru berwarna ukuran 3x4 (4 lembar)
7.     Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan tidak memiliki ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar dalam program studi pilihannya, serta tidak menggunakan/terlibat NARKOBA/Psikotropika sebelum maupun selama studi di UNISKA.
8.     Calon mahasiswa  baru yang merupakan mahasiswa pindahan/transfer tidak perlu mengikuti ujian masuk secara tertulis, namun wajib mengisi berita acara yang disediakan oleh Panitia. Calon mahasiswa dapat langsung melakukan registrasi apabila seluruh persyaratan sudah dipenuhi.
 
Tempat dan Waktu Pendaftaran
Calon mahasiswa baru dapat mendaftarkan diri ke:
-        Website www.uniska-bjm.ac.id. (pendaftaran secara online)
-        Kampus UNISKA Jl. Adhyaksa No.2 Kayu Tangi Banjarmasin 70123 Telp. (0511) 3304352,
-        Kampus Banjarbaru Jl. Salak No.2 Banjarbaru Telp. (0511) 4782381
Waktu pendaftaran setiap hari kerja:
-        Pagi         : pukul 08.00 – 13.00 Wita (kecuali Jum’at 08.00 – 11.00 Wita),
-        Siang       : pukul 13.00 – 17.00 Wita,
-        Malam     : pukul 20.00 – 21.30 Wita.
Contact Person:
-        0511-3304029
 
Catatan:    Calon mahasiswa baru yang telah melakukan proses pendaftaran (pengisian dan persyaratan) di website secara benar akan mendapatkan informasi status penerimaan (DITERIMA/DITOLAK).
 
 
 
II. UJIAN MASUK
 
Setiap calon mahasiswa baru (kecuali pindahan/transfer dan program beasiswa PRESTASI), wajib mengikuti ujian masuk dengan ketentuan sebagai berikut:
Untuk pilihan program studi eksakta dengan materi uji:
1.     Pengetahuan Dasar: Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
2.     Pengetahuan Khusus: Fisika, Kimia, dan Biologi
Untuk pilihan program studi non-eksakta dengan materi uji:
1.     Pengetahuan Dasar: Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris
2.     Pengetahuan Khusus: Sejarah, Geografi, dan Ekonomi
Catatan : Calon mahasiswa yang mendaftarkan diri pada program studi eksakta dan non-eksakta sekaligus diatur tersendiri oleh panitia.
 
Waktu dan Tempat Ujian Masuk
Ujian masuk Gelombang I dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2012, dan ujian masuk Gelombang II dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 Agustus 2012 masing-masing pada pukul 08.30 – 10.30 Wita. Ujian masuk bertempat di Gedung I dan Gedung II Kampus UNISKA Jl. Adhyaksa No.2 Kayu Tangi Banjarmasin. Penggunaan tempat disesuaikan dengan jumlah peserta yang mengikuti ujian masuk.
WAKTU
(Wita)
RINCIAN KEGIATAN
TANDA
BEL/GONG
08.45
Peserta Ujian sudah sampai di lokasi ujian masing-masing
 
09.00
Peserta Ujian memasuki ruang ujian dengan tertib dan duduk di kursi masing-masing untuk persiapan dengan mengikuti penjelasan dan petunjuk dari Pengawas Ujian
O O O
(tiga kali)
09.15
Mulai Ujian. Peserta Ujian memeriksa keutuhan Naskah Soal terlebih dahulu baru kemudian mulai mengerjakan soal ujian.
O O
(dua kali)
09.20
5 menit setelah ujian berlangsung, Peserta Ujian menanda-tangani Daftar Hadir, Bukti Hadir (album), dan Lembar Jawaban (sebelah kiri) dengan petunjuk dari Pengawas.
09.45
Ujian telah berlangsung setengah waktu
O
(satu kali)
10.10
Waktu ujian Ilmu Pengetahuan Alam tinggal 5 menit. Peserta Ujian menanda-tangani yang kedua pada Lembar Jawaban (sebelah kanan) dengan ballpoint Pengawas.
O O
(dua kali)
10.15
Waktu ujian berakhir dan semua Lembar Jawaban dikumpulkan oleh Pengawas. Peserta Ujian tetap duduk tenang dan tertib.
O O O
(tiga kali)
Setelah semua urusan ujian beres, Peserta Ujian dipersilakan ke luar ruang.
 
Tata Tertib Ujian Masuk
1.     Berpakaian rapi dan sopan.
2.     Setiap peserta ujian sudah harus berada di tempat ujian paling lambat 15 menit sebelum ujian dimulai dengan membawa Kartu Peserta Ujian.
3.     Toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Tidak diadakan perpanjangan waktu.
4.     Peserta ujian yang terlambat melampaui 15 menit, tidak diperkenankan mengikuti tes di ruang tes, tetapi harus segera melapor ke Ketua Panitia di Sekretariat Panitia untuk keputusan lebih lanjut.
5.     Peserta ujian yang memasuki ruang ujian tidak diperkenankan membawa buku-buku cetak, buku catatan, kertas buram, dll.
6.     Selama ujian berlangsung peserta ujian dilarang: menggunakan alat komunikasi, melihat lembar jawaban atau pekerjaan peserta ujian yang lain, berbisik, bertanya, pinjam-meminjam alat tulis, tukar-menukar lembar jawaban dan sebagainya.
7.     Alat tulis untuk mengerjakan soal seperti ball point, pensil 2B atau 3B dan karet penghapus dibawa sendiri oleh peserta ujian.
8.     Untuk keperluan coret-mencoret pergunakanlah lembaran kertas kosong yang telah disediakan oleh panitia dan jangan sekali-kali menggunakan lembar soal dan jawaban. Perhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak basah, tidak terlipat, dan tidak sobek.
9.     Sebelum memulai mengerjakan soal, bacalah petunjuk ujian dengan teliti, selanjutnya peserta ujian wajib memastikan bahwa:
a.     Jumlah lembar jawaban yang diterima sudah sesuai dengan kode dan jumlah soal yang harus dikerjakan di ruang ujian tersebut. Dan pastikan bahwa lembar jawaban tidak bercacat.
b.     Pastikan bahwa Kode soal, Nomor peserta, Nama peserta, Fakultas dan Program Studi yang dipilih yang tercetak pada lembar jawaban sudah diisi dan sesuai dengan identitas peserta dalam kartu ujian.
c.      Tanda tangan dan nama terang dibubuhkan pada kolom tanda tangan peserta dengan ball point.
10. Apabila pada waktu mengerjakan, lembar jawaban mengalami kerusakan (berlubang, robek), lakukan segera hal berikut:
a.     Mintalah lembar jawaban pengganti kepada pengawas ujian.
b.     Isilah Kode soal, Nomor peserta, Nama peserta, Fakultas dan Program Studi yang dipilih.
c.      Jika anda sudah mengisikan jawaban soal pada lembar jawaban yang rusak, pindahkan jawaban tersebut pada lembaran jawaban pengganti.
d.     Serahkan ke dua lembar jawaban (yang rusak dan pengganti) kepada pengawas tes jika sudah selesai.
11. Peserta ujian yang sudah selesai mengerjakan mata ujian tulis terakhir sebelum waktu ujian habis, boleh keluar dari ruang ujian dan menyerahkan lembar jawaban serta soal kepada pengawas ujian.
12. Apabila waktu sudah habis, atas perintah pengawas, peserta ujian serentak menghentikan pekerjaannya dan meninggalkan ruangan. Lembar jawaban ditinggal dalam keadaan tertutup di tempatnya masing-masing untuk dikumpulkan oleh pengawas ujian.
 
III. PENGUMUMAN HASIL UJIAN MASUK
 
Hasil ujian masuk diumumkan tiga hari setelah ujian masuk dilaksanakan. Pengumuman hasil ujian masuk Gelombang I diumumkan pada hari Rabu, tanggal 25 Juli 2012 dan hasil ujian masuk Gelombang II diumumkan pada hari Rabu, tanggal 29 Agustus 2012.
 
 
 
IV. REGISTRASI
 
Persyaratan Umum:
1.     Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau Surat Keterangan Domisili.
2.     Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan tidak memiliki ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar dalam program studi pilihannya, serta tidak menggunakan/terlibat NARKOBA/Psikotropika sebelum maupun selama studi di UNISKA.
               
Mahasiswa baru yang sudah mendaftar ulang dan hendak mengundurkan diri, maka diatur sebagai berikut:
1.     Mengundurkan diri untuk pindah ke perguruan tinggi swasta lainnya, baik di dalam negeri atau di luar negeri, atau karena alasan-alasan lainnya, tidak dapat mengajukan pengembalian biaya yang telah dibayarkan sesuai dengan pernyataan yang tercantum pada Surat Pernyataan Keuangan.
2.     Mahasiswa baru yang mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri (disertai bukti), dapat menarik kembali uangnya sebesar 50% dari yang sudah dibayarkan dengan menyerahkan Bukti Pendaftaran dan fotokopi Bukti Pembayaran.
 
 
V. BEASISWA PRESTASI
 
Calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dengan menduduki ranking 01 sampai dengan 10 di sekolahnya masing-masing (bukan ranking di kelas) dapat mengajukan beasiswa PRESTASI dengan mengisi formulir tersendiri yang sudah disediakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru. Beasiswa PRESTASI adalah beasiswa yang didasarkan atas prestasi akademik siswa-siswi selama berada di SMA. Siswa-siswi yang berprestasi ini dapat langsung diterima sebagai calon mahasiswa UNISKA (tanpa tes) selama memenuhi persyaratan yang ditentukan. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi kriteria jalur prestasi ini dapat mendaftarkan diri melalui Jalur Umum.
Apabila calon mahasiswa memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan, dapat langsung registrasi ke bagian Keuangan dan membayar sesuai dengan ketentuan yaitu sebesar 50% dari biaya perkuliahan (Kecuali program studi Kesehatan Masyarakat dengan potongan sebesar 25%).
 
 
VI. ORIENTASI STUDI
 
Orientasi Studi merupakan kegiatan kurikuler yang bersifat wajib. Orientasi Studi dilaksanakan pada awal ajaran baru. Sebelum masa perkuliahan dimulai, mahasiswa baru diperkenalkan dengan nuansa baru di perguruan tinggi dan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa di UNISKA.
 
Tujuan
a.     Memahami dan melaksanakan norma–norma prosedur akademik yang berlaku di UNISKA.
b.     Menghayati Wawasan Almamater.
c.      Mengenal dan memahami penggunaan sarana dan prasarana belajar yang tersedia di UNISKA.
d.     Mempererat keakraban dengan sivitas akademika UNISKA.
e.     Membina mental dan kedisiplinan sebagai mahasiswa.
 
Penyelenggaraan
Orientasi Studi diselenggarakan oleh suatu kepanitiaan yang dibentuk oleh Rektor UNISKA.
 
Persyaratan
1.     Peserta terdaftar pada tahun akademik yang bersangkutan dan telah dinyatakan sebagai mahasiswa secara resmi melalui SK Rektor.
2.     Peserta melengkapi syarat–syarat lain yang ditetapkan oleh Panitia.
 
Waktu dan Tempat
Orientasi Studi diselenggarakan selama lima hari berturut–turut bertempat di Kampus UNISKA dan/atau di tempat lain yang ditentukan Panitia.
 
Kegiatan
Gelombang I
Gelombang II
Pendaftaran dan pengembalian formulir
01 Mei 2012 – 18 Juli 2012
23 Juli 2012 – 23 Agustus 2012
Ujian masuk
Minggu, 22 Juli 2012
Minggu, 26 Agustus 2012
Pengumuman hasil ujian masuk
25 Juli 2012
29 Agustus 2012
Registrasi Baru
25 Juli – 31 Agustus 2012
29 – 8 September 2012
Orientasi Studi
Sesuai Kalender Akademik UNISKA
Konsultasi KRS
Sesuai Kalender Akademik UNISKA
Awal Perkuliahan
Sesuai Kalender Akademik UNISKA